sejarah komputer secara singkat

pasti kalian tidak asing dengan kata "komputer" diartikel ini akan membahas sejarahnya secara singkat...


https://v-notes12.blogspot.com/?m=1

apasih itu komputer?

Komputer adalah Alat yang di Pakai Untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakuan perhitungan aritmatika, Dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian di pindahkan kepada mesin itu sendiri.
            
       Sejarah awal munculnya komputer terjadi pada tahun 1822 diawali dengan terciptakannya sebuah alat hitung bernama Difference Engine yang pertama kali dibuat oleh seorang pakar Matematika berdarah Inggris yang bernama Charles Babbage. Ia telah menciptakan sebuah alat hitung yang dapat di pergunakan untuk menghitung sebuah table-table matematik.

Kemudian, beberapa tahun setelah munculnya alat hitung tersebut tepatnya pada tahun 1833, Charles Babbage telah berhasil menyempurnakan Difference Engine miliknya dengan konsep yang lebih mendalam dan umum yang kemudian ia beri nama Analytical Engine. Alat ini di beri kemampuan agar dapat menghitung berbagai kalkulasi apa saja, sehingga untuk pertama kalinya alat ini dikenal dengan sebutan Purpose Digital Computer.

Penemuan Besar Charles Babbage ini merupakan sebuah sumbangan besar bagi Dunia perkomputeran sekarang ini, pasalnya prinsip kerja dari kedua alat penemuan Charles Babbage merupakan prinsip yang menjadi sebuah dasar yang menlandasi terciptanya komputer saat ini. Karena penemuan besarnya ini Charles Babbage Di juluki sebagai "Bapak Komputer Modern".

Kemudian tak kurang dari lima tahun setelah dierkenalkan Analytical Engine, seorang ahli bidang dibidang Matematika Prof. Howard Aikem dari universitas Harvard mulai merancang sebuah komputer yang didalamnya terdapat program yang memungkinkannya dapat melakukan operasi logika dan aritmatika secara otomatis yang dapat diselesaikan secara mekanik elektronik pada tahun 1937. Namun berkat bantuan dan dukungan dari pihak perusahaan IBM alat itu dapat terselesaikan secara elktronik yang kemudian di beri nama Harard Mark 1 automatic Sequence-contolld Calculator (ASCC) pada tahun 1944.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "sejarah komputer secara singkat"

Posting Komentar